HOLY BLOGu
minggu lalu,,,qt diskusi tentang bangunan Leeds Metropolitan University. awalnya qt cuma dkasi fotokopian ulasan tentang bangunan itu, dalam bahasa inggris pula,,,

jelaslah qt2 pada bingung, ada jugag yang gag mudeng, salah tangkep,,,bukanna pd gag bisa bhs Inggris,,,tp bahasaNa emg susa bgt dmengerti,,,udah gtu,,, bahasanNa ttg software2 buat mendesain gtu,,,,


yaaah,,,singkat kata,,,setelah timbul beberapa usulan, lalu dengan menimbang, memikirkan matang2, trus akirX malah pusing sendiri (oia,,,sebelumnya, bangunan ini ditujukan para arsiteknya untuk mengoptimalkan pencahayaan alami melalui desain fasad),,,qt memutuskan beberapa isi tentang ulasan yang diberikan ma pak Arif,sbb:
THE DAYLIGHT-OPTIMISED FACADE
ANDREW MACINTOSH AND RICHARD PRIEST, FEILDEN CLEGG BRADLEY STUDIOS

KONSEP DESAIN LEEDS METROPOLITAN UNIVERSITY :

- Sebagian besar area publik harus berhubungan dengan lingkungan dari area site yang cenderung mengusung gaya modern urban.

- Bangunan sebisa mungkin meminimalisasi penggunaan kaca dan memaksimalkan dinding solid/masif.

- Perletakan kaca secara acak.

- Untuk mempermudah pengerjaan struktural dan menghemat biaya, panel kaca dipasang sesuai grid per 1,5 meter.

- Perancangan fasad pada lantai bawah yang masih terpengaruh bayangan bangunan serta vegetasi sekitar, dipasangi kaca lebih banyak, sedangkan pada lantai atas, yang tidak tertutupi oleh bayangan sekitar, kaca yang dipasang diminimalisir. Hal ini bertujuan untuk menyeimbangkan pemasukan cahaya antara lantai bawah dengan lantai atas.

Menggunakan cell-cell pada Excel lebih memudahkan dan mempercepat proses perancangan serta lebih aman. Maxwell yang mensimulasi kuantitas pencahayaan alami yang telah ditawarkan dari desain fasad yang ada. Rendering mencakup 24 jam selama musim panas maupun musim dingin, beserta titik balik mataharinya, yang secara efektif memberrikan analisis penuh selama satu tahun. Sedangkan hasil rendering ini nantinya dicocokkan dengan hasil analisis pencahayaan alami dari (BRE) sehingga dapat dihasilkan kesesuaian dalam usaha analisis keseluruhan dari bangunan ini.

KESIMPULAN


1. Leeds Metropolitan University didesain menggunakan program Excel sebagai kalkulator dan analisator pencahayaan alami.

2. Hasil analisis ditransfer dari cell2 pada excel ke bentuk grafis menggunakan program MicroStation dan CAD.

3. Pengaturan pencahayaan dalam bangunan tersebut dilakukan dengan cara mengatur perletakkan kaca dan panel solid untuk menyeimbangkan cahaya yang masuk antara lantai atas dan lantai bawah yang masih terpengaruh bayangan vegetasi maupun bayangan bangunan di sekitarnya.


27 Responses
  1. Pencahayaan alami memang banyak di gembar-gemborkan saat ini..hal ini untuk meminimalisir energi yang di pakai..
    Tapi ak msih bingung,klo misalnya kita udah selesai mendesain fasad bangunannya,udah bagus2 tapi ternyata begitu di analisis kondisi iluminasi di dalam ruangannya kurang oke berarti kita harus mulai mendesain dari awal lagi dunk?? Ato ada cara lain yang bisa mengurangi kesalahan kita menempatkan bukaan-bukaan pada fasad?hehe

    visit ke blogq juga yaa....
    astrianahardanti.blogspot.com (section 3.1)


  2. nina vidya Says:

    holyy...lebih bagus lagi klo ada gambar leeds metropolitan university nya..
    brarti bangunannya ini lebih banyak dinding masif nya ya? trus menggunakan prinsip pencahayaan alaminya gmn?
    maap bny tanya ^^


  3. Vina Says:

    Iya, kalo ada gambarnya lebih bagus...
    Teknologi memungkinkan kita dapat melihat sinar matahari yang akan masuk ke dalam bangunan sepanjang tahun. Dengan demikian kita dapat memaksimalkan penggunaan cahaya alami (efisiensi energi). Desain dapat diuji terlebih dahulu. Kemudian dipilih desain yang paling efisien. Ini juga menjadi pertimbangan dalam mendesain.


  4. "Bangunan sebisa mungkin meminimalisasi penggunaan kaca dan memaksimalkan dinding solid/masif."

    yang terpenting cahaya harus bisa masuk...tanpa panasnya...sirkulasi udara juga lancar...gitu kan???


  5. HOLY BLOGu Says:

    to nina: iya,,,,nin,,,emang bagus bgt klu ada gambarna,,,tp Q n temen2 skelompQ da nyari di internet,,,tetep gag ada.
    ada,,,tp di buku aslinya,,

    to astri: wah,,,iya,,,tri.emang susahNa kaya gtu,,,makaNa kita harus bhati2 dalam mendesain, konsep kita matengin dulu,trus baru qt aplikasikan ke dalam software

    to daniya: yep bener bgt,,,,pencahayaan dsini harus didesain sedemikian rupa spy menimbulkan kenyamanan bwt pgunaNa. selain itu,,,kenapa q blg meminimalisir kaca,,,ya,,,selain bwt mengurangi panas,,,tapi juga mminimalisir biaya.


  6. Asa Citra Says:

    btw, bangunan ini letaknya di daerah beriklim apa ya?? kok pakenya meminimalisir kaca..


  7. holi..holi..
    kok ga ada gambarnya ya..?aku jadi agak bingung jugaa..

    energi yg efisien..selalu menarik..jadi inget dulu kita kuliah fisbang ya hol..hehehe..


  8. Echi Says:

    holii mn gambarnyaaaa...(basa basi bgd c...padahal juga bahas chapter yg sama)
    untuk teman2Q tersayang...cari gambar gedung satu ini memang susahnya minta ampun..mungkin krn emg bangunan ini kayany blom jd..cz baru di ACC Maret 2007.gityuuuu


  9. Gunawan Says:

    ternyata program excel yang di anggap sepele itu bs sangat bermanfaat.
    cahaya mataharimemang sangat penting untuk arsitektur. sangat diperlukan untuk minimalisasi energi yang terbuang jika bisa memanfaatkan dengan benar.


  10. yup. arsitek harus bisa membuat bangunan yang hemat energi. jadi simulasi-simulasi tentang fisika bangunan perlu banget agar bangunan yang dirancang nanti g gagal dalam pencahayaan maupun penghawaan..


  11. hm ini kaya ecotect gtu ya?
    ahh aku juga mw ikut2an minta gambar ah..hm klo ada gambarnya pasti tambah oke..
    software2 yang bisa menganalisa fisika bangunannya mmg top markotop


  12. rikanh Says:

    pencahayaan alami memang penting si,,dan harus diatur dengan baik agar sirkulasi cahaya dalam ruangan berjalan lancar..softwarenya pake excel ya..jadi tambah info lagi ni,,


  13. edO Says:

    menghitung pencahayaan alami yah, gimana cara ngitungnya ya??
    tapi keren juga bisa mensimulasikan pencahayaan pada bangunan, kayak ecotect..sip!!


  14. blognya puji Says:

    bahasan dengan topik yang sama denganku..

    ya ya ya,, intinya ya sama aja,, memanfaatkan program Excel untuk mendesain fasad bangunan yang berupa kaca untuk memasukkan cahaya alami kedalam bangunan,,, tapi penempatan kaca ini juga diatur supaya ruang2 didalam bangunan ga kepanasan...


  15. R. A Dewi Says:

    yupz.. setuju ma edo.. keren juga kalo waktu desain kita bisa menganalisis pencahayaan. jadi kita bisa buat bangunan yang keren tapi juga nyaman..


  16. Fishia Yan Says:

    wah ada y..program EXEL buat mendesain fasade y.. ni berbeda dengan MS EXEL kan..he..2

    terus yang menjadi keunggulan dari software ini apa aj selain yg dipaparkan?


  17. excel? ini hanya dikhususkan untuk pencahayaan saja? bagus juga sih, apalagi untuk bangunan2 di daerah tropis ky Indonesia, kita bisa bermain2 dengan pencahayaan dlm mendesain...


  18. ivan majid Says:

    pencahayaan memang menjadi sebuah fenomena spektakuler dalam mendesain. apalagi pencahayaan alami, saat ini sangat di gembor2kan. aku setuju sama beberapa komen diatas yang menyebutkan waktu ndesain bisa menganalisis pencahayaan. cahaya bisa dijadikan unsur utama dalam mendesain..


  19. Anonim Says:

    cuma bisa dipake buat cahaya y? kalo buat penghawaan bisa ndak?
    kan kalo bisa hemat di pencahayaan dan penghawaan jadi lebih sip tuh..


  20. ^^ wew.. pengoptimalan pencahayaan alami dapat dicapai pula melalui pembentukan fasade bangunan yang sesuai, dengan pengoptimalan cahaya alami akan menghemat energi yang dikeluarkan oleh bangunan, fasade bangunan juga dapat dipengaruhi oleh sitenya.. dengan menggunakan cell-cell pada Excel selain lebih memudahkan dan mempercepat proses perancangan serta lebih aman, dapat lebih mudah menganalisis strukturnya..


  21. woooow. keren bgt y menggunakan software excell untuk program analisis. suatu cara yg tdk biasa. tp sangat inovatif.
    bisa y mempermainkan cahaya lwt exel kaya gtu,, gk abs pikir. ckckck


  22. penggunaan material, kulitas dan kuntitasnya sangat dipengaruhi banyak hal, salah satunga iklim dan kebiasaan pengguna.


  23. Anonim Says:

    wah bisa pake excel ya.. baru tau..


  24. dhani_arch Says:

    saran untuk blog: kalau menggunakan warna putih sebagai background gunakan tulisan berwarna gelap agar mata pembaca tidak berakomodasi berlebihan, juga penggunaan warna kontars yang bervariasi menyebabkan mata cepat lelah dan kurang nyaman dilihat.
    untuk artikelnya: gambaran visual dari praktek diatas seperti apa?


  25. ummu aisya Says:

    cocok banget nih di negara tropis kaya indonesia
    jadi pencahayaan alami kita yg melimpah bisa dimanfaatkan seoptimal mungkin
    energy saving juga


  26. Pencahayaan alami memang ahrus diperhatikan.. Dengan tujuan bisa meminimalisir kebutuhan energi yang dipakai.


  27. Hmmm....kalo liat tips2 cahaya gitu, jadi inget kuliah lighting bersama bu nurul dari makassar yang ngasih kuis tapi ngasih jawabannya juga...hehhheheh,,apikan...
    Dari isi tulisanmu ituh,,berarti program MicroStation dan CAD gak bisa berdiri sendiri tanpa program exel ya??


Posting Komentar